Service Impact and Event Management

Dalam dunia IT, ada banyak sekali layanan yang saling terkait, dan bisa dipetakan dalam CMDB (Configuration Management Database) untuk IT Asset Management.

CMDB bisa divisualisasikan untuk Real-Time SLA Monitoring

Data CMDB ini bisa digunakan untuk mempermudah analisa terhadap dampak suatu layanan terhadap layanan lainnya. Misalnya, masalah pada Authentication Service, bisa berdampak pada gerbang layanan utama, sehingga dampaknya masif.

Tetapi, untuk perusahaan yang besar, seringkali CMDB menjadi kompleks dan terlalu besar untuk bisa dipantau dengan sederhana. Bagi LOB (Line of Business) di suatu perusahaan besar, akan lebih mudah untuk memantau berdasarkan produk yang diakses oleh konsumennya, tanpa memerlukan CMDB.

Service Impact digambar menggunakan spidol pada sebuah Whiteboard,
lalu difoto dan dijadikan background image untuk real-time KPI monitoring.

Melakukan monitoring per layanan (internet banking, POS, atau channel) bisa dilakukan dengan menggambarkan keterkaitan antar layanan di produk tsb, lalu diperkaya dengan data real-time KPI monitoring dari setiap titik yang terlibat dalam pemrosesan. KPI dapat berupa revenue per hour (rupiah), response time (millisecond), success rate (percentage), dan hal lainnya yang bisa diukur pada setiap interaksi atau transaksi.

Ketika insiden (critical event) sudah selesai, RCA (root cause analysis) bisa direka ulang dengan menggunakan data dari berbagai sumber yang sudah tersimpan.

Analisa Service Impact and Event Management yang “sudah terjadi”, dapat dilakukan review. Mulai dari sebelum insiden, ketika insiden (event), dan setelah insiden.

Berdasarkan laporan IDC pada bulan September 2018, pangsa pasar untuk kategori IT Operations Analytics (ITOA) ini 52% diantaranya dikuasai oleh Splunk (34.9%) dan VM Ware (17.4%).

Splunk, VM Ware, IBM, dan BMC memimpin pangsa pasar ITOA

Global Innovation Technology sudah implementasi Splunk untuk Service Impact and Event Management di salah satu Data Center terbesar di Indonesia, memantau end-to-end mulai dari mechanical electrical, UPS, network, perangkat security, server, VM Ware, OS, dan Aplikasi.

Comments are closed.